Rabu, 02 September 2015

Marketing Management Class



       Manajemen Pemasaran, kata yang agak terdengar asing di telinga saya. Maklum saja, bidang studi saya pada jenjang pendidikan sebelumnya adalah ekonomi. Sempat terbesit kekhawatiran dalam diri saya, apakah saya bisa mengikuti pelajaran ini dengan baik dan menghasilkan nilai yang optimal? Terlebih sistem pembelajaran di sekolah saya yang luar biasa ini, terbilang cepat dan padat. Kekhawatiran saya perlahan sirna, saat saya mengenal tim dosen pengajar dan mengikuti perkuliahan dengan metode pembelajaran yang menyenangkan. Meski mahasiswa dituntut untuk banyak mencari tahu sendiri (self learning), tapi penjelasan dan pendampingan dari dosen-dosen yang memang pakar di bidangnya sudah dirasa cukup. Sedikit banyak, saya pun mulai mengetahui dan memahami tentang menajemen pemasaran.
       Manajemen pemasaran merupakan mata kuliah yang mempelajari berbagai unsur dari pemasaran, seperti konsumen, pesaing, bauran pemasaran (produk, harga, distribusi, dan promosi), segmentasi, pemilihan pasar target, positioning, dan diferensiasi. Jadi, manajemen pemasaran tidak hanya menyangkut bagaimana menjual produk atau bagaimana produk dapat terjual dipasaran. Lebih dari itu, manajemen pemasaran mengajarkan kita bagaimana dapat menjual, mempertahankan, dan mengembangkan produk agar bisnis yang dibangun dapat tumbuh dan berkembang, bahkan menjadi leader di pasar.
       Dari mata kuliah ini pula saya menjadi tahu, bahwa sebuah bisnis bisa lebih dari sekedar usaha. Bisnis bisa menjadi medan perang bagi perusahaan yang berkecimpung di industri yang sama. Hal tersebut saya ketahui dari penayangan video pada kuliah pertama dengan Prof. Ujang Sumarwan. Video itu berjudul ‘Chocolate War’. Video tersebut mengisahkan perjalanan coklat di Amerika, mulai dari masuknya coklat, pertumbuhan industri coklat, hingga perang coklat antara perusahaan pemimpin (market leader) dan perusahaan penantang (market challenger). Kedua perusahaan ini pada awalnya adalah mitra usaha, namun pergantian pemimpin perusahaan menyebabkan perubahan visi perusahaan. Kedua perusahaan ini pun berlomba-lomba untuk menjadi market leader dan merebut pangsa pasar coklat di Amerika, bahkan dunia. Kuliah Manajemen Pemasaran ini membuka wawasan saya lebih luas mengenai bisnis dan pemasaran. Saya yakin mata kuliah ini dapat membantu saya menghadapi dunia kerja kelak kedepannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar