Manajemen Pemasaran, kata yang
agak terdengar asing di telinga saya. Maklum saja, bidang studi saya pada
jenjang pendidikan sebelumnya adalah ekonomi. Sempat terbesit kekhawatiran
dalam diri saya, apakah saya bisa mengikuti pelajaran ini dengan baik dan menghasilkan
nilai yang optimal? Terlebih sistem pembelajaran di sekolah saya yang luar
biasa ini, terbilang cepat dan padat. Kekhawatiran saya perlahan sirna, saat
saya mengenal tim dosen pengajar dan mengikuti perkuliahan dengan metode
pembelajaran yang menyenangkan. Meski mahasiswa dituntut untuk banyak mencari
tahu sendiri (self learning), tapi
penjelasan dan pendampingan dari dosen-dosen yang memang pakar di bidangnya
sudah dirasa cukup. Sedikit banyak, saya pun mulai mengetahui dan memahami
tentang menajemen pemasaran.
Manajemen pemasaran merupakan mata kuliah yang
mempelajari berbagai unsur dari
pemasaran, seperti konsumen, pesaing, bauran pemasaran (produk, harga,
distribusi, dan promosi), segmentasi, pemilihan pasar target, positioning, dan diferensiasi. Jadi, manajemen pemasaran tidak hanya menyangkut
bagaimana menjual produk atau bagaimana produk dapat terjual dipasaran. Lebih
dari itu, manajemen pemasaran mengajarkan kita bagaimana dapat menjual,
mempertahankan, dan mengembangkan produk agar bisnis yang dibangun dapat tumbuh
dan berkembang, bahkan menjadi leader di
pasar.
Dari mata kuliah
ini pula saya menjadi tahu, bahwa sebuah bisnis bisa lebih dari sekedar usaha.
Bisnis bisa menjadi medan perang bagi perusahaan yang berkecimpung di industri
yang sama. Hal tersebut saya ketahui dari penayangan video pada kuliah pertama
dengan Prof. Ujang Sumarwan. Video itu berjudul ‘Chocolate War’. Video tersebut mengisahkan perjalanan coklat di
Amerika, mulai dari masuknya coklat, pertumbuhan industri coklat, hingga perang
coklat antara perusahaan pemimpin (market
leader) dan perusahaan penantang (market
challenger). Kedua perusahaan ini pada awalnya adalah mitra usaha, namun
pergantian pemimpin perusahaan menyebabkan perubahan visi perusahaan. Kedua
perusahaan ini pun berlomba-lomba untuk menjadi market leader dan merebut pangsa pasar coklat di Amerika, bahkan
dunia. Kuliah Manajemen Pemasaran ini membuka wawasan saya lebih luas mengenai
bisnis dan pemasaran. Saya yakin mata kuliah ini dapat membantu saya menghadapi
dunia kerja kelak kedepannya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar